Minggu, 09 Oktober 2011

Kendala Usaha Kecil dan Menengah

Setiap perjalanan usaha sukses maka akan menghadapi berbagai kendala, baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar. Kendala usaha ini tidak hanya dialami oleh mereka yang bergerak dalam sekala besar tapi dialami juga oleh usaha kecil dan menengah. Beberapa kendala usaha kecil dan menengah berikut solusinya kita akan bahas dalam postingan kali ini.


Kendala permodalan
Untuk kebanyakan usaha kecil dan menengah, modal merupakan kendala utama untuk mengembangkan usahanya. Namun sekarang ini banyak badan baik dari pemerintah maupun swasta yang telah melirik sektor UKM sehingga para pelaku usaha kecil ini bisa bekerjasama dengan badan keuangan untuk memajukan usahanya. Solusi terbaik adalah dengan sistem bagi hasil dan meninggalkan sistem riba. 

Kendala teknis
Karena dilakukan hanya oleh beberapa orang saja, usaha kecil dan menengah terbatas dengan sumber daya manusia yang melakukan teknis produksi. Sehinga produk yang dihasilkan tidak ada inovasi baru dan terkesan monoton. Solusi dari kendala teknis adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan teknis yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan.

Kendala pemasaran
Pemasaran hanya menjakau daerah sekitar saja, padahal produk yang dihasilkan usaha kecil dapat dipasarkan ke berbagai daerah bahkan bisa untuk exsport. Solusi dari kendala pemasaran adalah melakukan kerjasama dengan usaha pemasaran swasta yang dapat memasarkan produk UKM dengan jangkauan lebih luas. Selain itu penggunaan internet juga cukup membantu untuk memasarkan produk tanpa mengeluarkan biaya distribusi yang cukup besar, sehingga dapat menekan biaya produksi. Sehingga harga barang bisa dijual dengan harga yang terjangkau dan lebih murah.

Kendala manajemen
Pengaturan jalannya usaha masih menggunakan cara yang sederhana, hasil dari pengalaman pribadi seorang pemilik usaha kecil tersebut. Untuk lebih meningkatkan pelayanan maka pemilik usaha dapat membuka diri untuk lebih banyak belajar tentang cara manajemen usaha yang lebih baik lagi dari lembaga pelatihan maupun dengan mempelajarinya langsung dari usaha yang lebih mapan disekitar anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak :