Selasa, 04 Oktober 2011

Empat Langkah Menjadi Wirausaha Sukses

1. Semua Bisa Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi wirausaha sukses adalah salah satu alternatif dalam menjemput rejeki. Sayangnya masih sedikit sekali yang berminat menekuninya. Dibanding Singapura atau negara tetanggal Asean lainnya, persentase pebisnis di Indonesia masih sedikit. Bekerja atau menjadikaryawan masih menjadi pilihan nomor satu.

Kenapa? Salah satu penyebabnya ialah banyak yang mengatakan bahwa berwirausaha itu tidak mudah dan resiko yang tinggi. "Saya tidak bisa bisnis". Ini adalah kalimat yang begitu akrab terdengar saat kita sedang berbicara bisnis. Tentu saja selain : "Saya tidak punya modal".

2. Mengapa Menjadi Wirausaha Sukses Sepertinya Sulit?

Jika kita bekerja, pekerjaan kita sehari-hari akan fokus sesuai dengan jabatan kita. Sebagai contoh : jika andaberada di departemen pemasaran, maka pekerjaan anda fokus pada pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran. Berbeda dengan bisnis, semua pekerjaan harus kita tangani mulai dari pengadaan produk, pemasaran, keuangan dan sebagainya. Sehingga bisnis terlihat begitu sulit. Ini adalah anggapan keliru.

Anggapan ini disebabkan oleh pemikiran : semuanya harus dilakukan sendiri. mari kita belajar kepada Henry Ford. Dia bukan ahli dalam pembuatan mobil. Tetapi dia mampu memproduksi mobil yang berkualitas dan dalam jumlah banyak. Kunci menjadi wirausaha sukses adalah : tidak mengerjakan semua sendiri.

3. Langkah-langkah Menjadi Wirausaha Sukses adalah Seperti ini :

a. Memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis anda.
Meski anda tidak harus mengerjakan sendiri, tetapi anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis anda. Pertama pengetahuan tentang bagaimana menjalankan bisnis dan kedua pengetahuan tentang produk/jasa yang akan anda sediakan.

b. Siapkan/rancang sebuah sistem untuk menjalankan bisnis ini.
Untuk hal ini, masih banyak yang asing. Padahal menurut Robert T. Kiyosaki, yang membedakan pebisnis (Kuadran B) dengan pedagang (Kuadran S) adalah sistem. Jadi rancanglah sistem bagaimana menjalankan bisnis dengan benar dan bisnis berjalan meski tanpa kehadiran anda.
c. Temukan orang untuk menjalankan sistem ini.
Jika sistem sudah anda desain dengan baik, anda akan tahu orang seperti apa, memiliki keterampilan apa dan seberapa banyakagar sistem berjalan dengan baik.

d. Pastikan agar sistem berjalan dengan baik.
Karena anda adalah pemilik bisnis, maka anda lah yang bertanggung jawab jalan atau tidaknya sebuah sistem. Kemampuan anda dalam memimpin orang-orang dalam bisnis anda akan berperan besar disini.

Jadi anda tidak perlu bisa segalanya. Tidak perlu melakukan segalanya. Yang penting adalah memiliki ide, merancang sistem dan kepemimpinan. Tidak bisa merancang sistem? Jangan khawatir, anda pun bisa membayar orang untuk merancang sistem anda. Anda pun bisa membayar orang untuk masalah perekrutan dan pengelolaan SDM.

Pada ujungnya, ada 2 (dua) kemampuan yang perlu anda miliki :
1. Menghasilkan ide ;
2. Kepemimpinan.

Keduanya  bisa dipelajari dan dilatih. Artinya menjadi wirausaha sukses adalah bisa dilakukan oleh semua orang.

*Selamat mencoba tips-tips wirausaha dari Kami :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak :